BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Setiap pimpinan perusahaan
baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu menggunakan
informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya,sehingga subyek dari manajemen
informasi bukanlah suatu hal yang baru.
Computer Based Information
System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem
pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan
dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
BAB II
ISI
Istilah
yang mencakup semua aplikasi berbasis komputer adalah sistem informasi berbasis
komputer (computer based information system), atau CBIS, untuk menggambarkan
lima subsistem yang menggunakan komputer. Semua subsistem CBIS menyediakan
informasi untuk pemecahan masalah.
Dalam
beberapa hal, nilai CBIS juga dapat dipertimbangkan dari siklus CBIS. Tiap
subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup yaitu : lahir, bertumbuh,
menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusi inidisebut siklus
hidup system (system life cycle – SLC), dan terdiri dari tahap-tahap berikut:
1.
Perencanaan
2. Analisis
3. Rancangan
4. Penerapan
5.
Penggunaan
Untuk
dapat bersaing dan memenangkan persaingan dalam kondisi bisnis saat ini,
perusahaan harus mencari dan mengimplementasikan strategi terbaik untuk
aktivitas bisnis mereka tanpa mengabaikan pesaing mereka. Keunggulan kompetitif
dapat dicapai jika perusahaan memiliki produktivitas tinggi, artinya jika
perusahaan memproduksi pada volume lebih tinggi sehingga biaya produksi
rata-rata dapat dikurangi, sementara biaya tetap nilainya tetap, maka total
biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan akan lebih rendah. Maka dari itu
penggunaan teknologi informasi akan memperbaiki pelayanan konsumen dalam hal
penyediaan informasi tentang produk, pelayanan, dan informasi sangat diperlukan
dalam kondisi persaingan bisnis saat ini.
Keunggulan
kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin
nilai, yaitu :
1. Operasional prima (operational excellence).
Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien
pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai
harapan pelanggan.
2. Keakraban dengan pelanggan (customer
intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis
dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan
melebihi rata-rata kompetitor.
3. Produk atau layanan yang senantiasa
inovatif dan terdepan (product leadership).Perusahaan yang menggunakan strategi
ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk
atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif. Manajemen
puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Computer Based Information
System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem
pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan
dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Siklus CBIS terdiri dari 5 tahapan,
yaitu : Perencanaan,
Analisis, Rancangan, Penerapan dan Penggunaan. Keunggulan kompetitif perusahaan dapat
dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai, yaitu : operasional
prima, keakraban dengan pelanggan dan produk / layanan yang senantiasa inovatif
dan terdepan.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar