UNIVERSITAS GUNADARMA

Jumat, 02 November 2012

Bagaimana CBIS Memperbaiki Kualitas Produk dan Jasa agar Perusahaan dapat Mencapai Keunggulan Kompetitif?



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Setiap pimpinan perusahaan baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya,sehingga subyek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru.
Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.

BAB II
ISI

Istilah yang mencakup semua aplikasi berbasis komputer adalah sistem informasi berbasis komputer (computer based information system), atau CBIS, untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan komputer. Semua subsistem CBIS menyediakan informasi untuk pemecahan masalah.
Dalam beberapa hal, nilai CBIS juga dapat dipertimbangkan dari siklus CBIS. Tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup yaitu : lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusi inidisebut siklus hidup system (system life cycle – SLC), dan terdiri dari tahap-tahap berikut:
1.     Perencanaan
2.    Analisis
3.    Rancangan
4.    Penerapan
5.    Penggunaan
Untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dalam kondisi bisnis saat ini, perusahaan harus mencari dan mengimplementasikan strategi terbaik untuk aktivitas bisnis mereka tanpa mengabaikan pesaing mereka. Keunggulan kompetitif dapat dicapai jika perusahaan memiliki produktivitas tinggi, artinya jika perusahaan memproduksi pada volume lebih tinggi sehingga biaya produksi rata-rata dapat dikurangi, sementara biaya tetap nilainya tetap, maka total biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan akan lebih rendah. Maka dari itu penggunaan teknologi informasi akan memperbaiki pelayanan konsumen dalam hal penyediaan informasi tentang produk, pelayanan, dan informasi sangat diperlukan dalam kondisi persaingan bisnis saat ini.
Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai, yaitu :
1.     Operasional prima (operational excellence). Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan.
2.    Keakraban dengan pelanggan (customer intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor.
3.    Produk atau layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan (product leadership).Perusahaan yang menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif. Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Siklus CBIS terdiri dari 5 tahapan, yaitu : Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan dan Penggunaan. Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai, yaitu : operasional prima, keakraban dengan pelanggan dan produk / layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan.

Referensi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar