UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 26 Desember 2011

Cara Efektif untuk Tidur yang Lebih Baik

Berbagai kecemasan, stress dan banyak berpikir membuat 60% perempuan tak bisa tidur setiap malam. Kabar baiknya, para ahli kini menemukan cara yang bisa membantu anda cepat tertidur tanpa perlu menghitung kambing. Caranya sebagai berikut :

Stop cemas tak bisa tidur
Anda berupaya untuk mendapatkan kecukupan tidur. Semakin keras anda berusaha, anda semakin sulit tertidur. Konsentrasi pada tak bisa tidur terlalu lama mengirm sinyal ke otak, bahwa tidur itu adalah tugas. Otak lalu melepaskan adrenalin yang diperlukan untuk mengerjakan tugas ketimbang mengeluatkan hormone melatonin yang merilekskan, yang membuat tidur.

Jangan berangkat tidur terlalu awal
Orang-orang yang mencoba tidur lebih cepat tetap terjaga rata-rata 30 menit labih lama. Mencoba mengikuti jam buatan hanya membuat tubuh resisten untuk tidur. Lebih baik berangkat tidur lebih lambat untuk meningkatkan pendorong tidur alamiah anda.

Ganti bohlam
Temaramkan lampu dengan 40 wat dapat mengurangi sulit tidur sampai 50%. Penyebabnya dalah, paparan terhadap cahaya yang lebih terang hanya 30 detik saja dapat membuat kelenjar pineal mengeluarkan hormone yang memicu untuk tetap terjaga.

Ambil pena dan menulis
Sebelum berangkat tidur, tuliskan daftar hal-hal yang berjalan baik pada hari itu. Studi-studi menunjukkan, otak tak bisa memproses rasa terimakasih dan rasa takut pada saat bersamaan. Karena itu, menuliskan pemikiran positif dapat menutup buku tentang semua hal yang mencemaskan, yang cenderung membuat anda tak bisa tidur.

Diambil dari majalah AURA Edisi 46/Th.XII/Minggu ke-2/10-16 Desember 2008 Hal.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar