UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 26 Desember 2011

Warna untuk Meningkatkan Kebahagiaan (Part. 2)

BIRU
UNTUK MENGATASI RASA SAKIT
Jika sakit kepala, coba keluar dan pandangi langit biru. Riset menunjukkan, memandangi warna biru meredakan rasa sakit dengan memicu produksi hormone yang menenangkan, yang dapat menghentikan transmisi sinyal sakit ke otak. Pada kenyataannya, efek ini begitu kuatnya sampai dapat meredakan migraine dan memperbaiki sakit punggung dan sakit perut yang disebabkan stress. Biru bahkan digunakan di unit cardiac care rumah – rumah sakit di Amerika untuk menenangkan pasien jantung yang stress.
Tip : Jika langin mendung, menatap gambar langit biru juga bisa menghasilkan khasiat yang sama.

PERAK
UNTUK MENJAGA KESELAMATAN DI JALAN
Jika beli mobil baru atau ganti mobil, pilih warna perak. Menurut sebuah studi terhadp lebih dari 1000 pengemudi yang diterbitkan dalam British Medical Journal, mobil warna perak paling jarang mengalami kecelakaan. Pada kenyataannya, pengemudi mobil warna perak berkemungkinan lebih rendah 50% mengalami kecelakaan disbanding pengemudi mobil warna putih bahkan sesudah memperhitungkan umur mobil dan kondisi jalan. Padahal warna putih pernah dianggap warna yang paling aman. Penyebabnya adalah warna muda perak dan kadar pemantulan tinggi membantu pengemudi lain melihat mobil anda secara lebih jelas di jalan.
Tip : Warna mobil yang rentan kecelakaan adalah : hijau, cokelat dan hitam. Studi-studi menunjukkan, warna-warna ini paling sulit dilihat di malam hari.

MERAH
MEMPERCEPAT WAKTU
Anak-anak rewel karena menunggu lama di tempat praktek dokter atau saat menempuh perjalanan panjang? Beri mereka mainan atau teddy bear merah dan waktu terasa berlalu lebih cepat 2 kali lipat, begitu menurut Wagner Color Response Report dari The Wagner Institute for Color Research. Warna-warna cerah tampaknya juga bisa mengalihkan perhatian sehingga otak kita secara otomatis kehilangan jejk waktu saat terekspos warna merah. Pernah heran mangapa kasino, klub dansa atau restoran menggunakan warna merah ? tujuannya agar anda berada di sana lebih lama dan kerena itu membelanjakan lebih banyak uang disbanding yang anda rencanakan.
Tip : riset menunjukkan, mengenakan warna beda dapat mengubah persepsi orang. Warna-warna pastel membuat anda tampak lebih hangat dan ramah. Warna-warna cerah seperti merah, membuat anda tampak lebih professional.

Diambil dari majalah AURA Edisi 46/Th.XII/Minggu ke-2/10-16 Desember 2008 Hal.32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar