UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 26 Desember 2011

Warna untuk Meningkatkan Kebahagiaan (Part. 1)

Warna bukan hanya memperindah dan membuat suasana ceria, tapi juga mempunyai khasiat ajaib untuk anda. Setiap warna dalam spectrum warna berefek pada denyut jantung dan hormone dengan cara khusus. Berikut, khasiat yang diberikan masing – masing warna.

HIJAU
MENJAGA KETERAMPILAN OTAK TETAP TAJAM
Tambahkan hijau, biru atau warna – warna dingin lainnya sebagai aksen, misalnya dalam bentuk poster, kertas atau pena setiap kali anda nekerja, menghitung anggaran atau dimana saja yang perlu fokus pada banyak detail. Para periset dari Creighton University menemukan, warna – warna dingin membantu anda konsentrasi dengan mengurangi hal – hal yang mengalihkan perhatian. Menurut ahli warna Leatrice Eiseman dalam buku More Alive with Color , kita cenderung memandang warna – warna ini menenangkan sehingga otak kurang gelisah dan lebih fokus.

PINK
MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN
Gunakan piring pink, tambahkan alat dapur warna pink atau pasang lampu pink di dalam kulkas dan anda secara otomatis makan berkurang, begitu menurut sebuah riset di Health, Weight, and Stress Clinic di John Hopkins University. Studi 4 tahun menemukan, sejenis warna yang disebut Baker Miller Pink, warna bubble gum, dapat menekan nafsu makan dan mengurangi stres yang membuat kebanyakan orang ingin ngemil.

KUNING
UNTUK MENINGKATKAN HARGA
Anda sedang menjual rumah ? Letakkan bunga kuning seperti daisy kuning di sekitar pintu depan. Para realtor mengakui, warna ini bisa menjual lebih cepat, jelas Eiseman. Dalam sebuah studi dari University of Georgia, 94% partisipan yang memandangi warna – warna cerah merasa lebih bahagia dan lebih bersemangat dalam hitungan detik. Alasannya, menurut para periset adalah warna kuning mengingatkan kita tentang hari cerah yang hangat dan musim panas yang hangat dan musim panas yang menyenangkan.

ORANYE
UNTUK MEMBANGKITKAN SEMANGAT
Ingin membangkitkan semangat ? nyalakan peningkat energy alamiah tubuh dengan memandangi warna oranye. Kandungan warna merahnya menstimulir kelenjar adrenal, memicu peningkatan produksi adrenalin, hormone yang mempercepat denyut jantung dan membangkitkan rasa gembira, begitu menurut Eiseman. Jangan khawatir energy anda akan berlebihan. Aspek kuning dalam warna oranye akan menetralisir sehingga anda bersemangat tanpa merasa gelisah.

Diambil dari majalah AURA Edisi 46/Th.XII/Minggu ke-2/10-16 Desember 2008 Hal.32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar