UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 10 Desember 2012

Chrysanthemum Si Cantik Kaya Manfaat



Bunga Krisan (Chrysanthemum Indicum L.) adalah tanaman hias perdu atau semi perdu berasal dari Jepang dan Cina Utara. Herminia de Guzman Ladion, seorang kesehatan Filipina memasukkan krisan sebagai salah satu jenis tanaman obat penyembuh ajaib. Jenis penyakit yang dapat diobati gengan tanaman ini antara lain influenza, bahkan membersihkan liver.
Krisan masih satu family dengan bunga aster, daisy yaitu termasuk family Asteraceae. Bunga kristan merupakan tanaman hias yang multi manfaat. Bunga ini merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai keanekaragaman warna dan bentuk bunga. Selain sebagai tanaman hias, bunga kristan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan, seperti di Jepang, kelopak bunga krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan apabila diminum bersama segelas anggur. Selain itu juga tersedia obat-obatan berbahan baku bunga krisan.
Minuman teh krisan juga banyak dijumpai. Krisan yang dijadikan minuman adalah krisan berwarna kuning dan putih. Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Teh ini menyegarkan tenggorokan, memperindah bentuk tubuh, memulihkan kesehatan dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Ahli tanaman obat Prof. dr Azwar Agoes mengatakan, untuk tumbuhan sejenis bunga krisan biasanya mengandung zat antioksidan yang mampu menyerap racun dalam tubuh. Meskipun belum popular penggunaannya sebagai obat-obatan, bunga krisan juga dapat melancarkan peredaran darah.
Agar lebih praktis, minum-minuman herbal alami Herbadrink Chrysanthemum yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern, bermanfaat untuk menyegarkan badan.


Sumber : AURA Edisi 18/Th. XVI/September 2012 Hal. 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar