UNIVERSITAS GUNADARMA

Sabtu, 29 Desember 2012

Mikoriza



Mikoriza bukan takson dalam kingdom jamur. Mikoriza merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut simbiosis antara jamur dengan akar tumbuh-tumbuhan. Beberapa nggota jamur Zygomycota, Ascomycota, atau Basidiomycota ada yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman, misalnya tanaman pinus atau belinjo. Kerjasama keduanya saling menguntungkan. Jamur mendapatkan zat organic, sedangkan tumbuhan pinus mendapatkan asupan air dan unsur-unsur hara lebih banyak. Tumbuhan yang bersimbiosis dengan jamur lebih tahan penyakit yang disebabkan bakteri tanah. Tumbuhan tersebut juga lebih tahan terhadap kekeringan.
Berdasarkan kedalaman jaringan tumbuhan yang digunakannya, mikoriza dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1.     Endomikoriza, yaitu hifa jamur menembus dinding sel akar hingga masuk ke jaringan korteks. Misalnya jamur yang hidup pada akar anggrek, sayuran dan berbagai jenis pohon.
2.    Ektomikoriza, yaitu jika hifa jamur hanya hidup di daerah permukaan sel akar, yakni pada jaringan epidermis, misal kulit akar pinus. Hifa juga meluas ke tanah sekitarnya. Dengan adanya ektomikoriza, tumbuhan pinus tahan kekeringan serta tahan terhadap serangan jamur lain yang berbahaya.

Sumber : BIOLOGI kelas X tahun 2007 hal. 163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar